Untuk Teman-teman Sesama eks YPM (Yayasan Pendidikan Musik)

Teman-teman sesama eks YPM (Yayasan Pendidikan Musik),

Seperti yang kita ketahui, YPM baru saja merayakan ulang tahun ke 60. Banyak sejarah bertumpuk di tempat itu hingga kini. Ratusan ribu murid sudah dihasilkan, hasil tempaan guru piano, gitar, biola yang handal dan senantiasa mengajar penuh cinta. Kita masih ingat dulu ada dua guru perempuan cantik-cantik berwajah Indo, ibu Latifa Kodijat dan ibu Charlotte Panggabean – yang kita selalu panggil mereka ‘tante’. Mereka memiliki banyak murid, selain guru lain seperti Oie Tjong Lie (Rudy Laban), Sutarno Sutikno, Iravati Soediarso dan yang lainnya.
Tante Latifa dan tante Panggabean adalah sahabat karib yang ‘lengket’ pula dalam duet piano di berbagai konser. Mereka selalu main berdua dalam dua piano berbeda. Dahsyat !

Kini tante Latifa berusia 84 tahun. Hari ini, Minggu 6 Januari 2013, pianis yang sudah sepuh ini akan mempertontonkan jemarinya yang masih luwes di piano. Mengagumkan sekali bahwa baginya piano adalah keindahan yang tiada henti bagi kehidupannya. Jiwa yang menyatu pada nada-nada klasik tak pernah punah darinya.

Dalam acara Jakarta New Year’s Concert pukul 15.00 dan pertunjukan kedua pukul 19.30 malam, Latifa Kodijat akan berada di tengah ratusan  penonton. Acara berlangsung di Auditorium Yamaha Music Center jalan Gatot Subroto Jakarta. Ia tampil bersama-sama pianis muda dari usia 7 tahun dalam tiga generasi putra putri bangsa Indonesia , plus Ananda Sukarlan pianis kelas dunia – dalam masing-masing lagu yang akan mereka bawakan.

Nontonlah ! Di tengah carut marut mental bangsa kita yang seringkali memalukan, yang maunya serba instan dan ingin cepat hebat, cepat tenar, cepat kaya, lalu ambruk di tengah jalan karena khilaf melanda, mungkin bisa kita petik hikmah dari menyaksikan putra putri Indonesia dari sisi lain — yang bekerja keras, berlatih musik secara tekun, disiplin dan penuh penghalusan budi, menapak dari awal bukan bermimpi segala yang serba instan tanpa proses alami yang sewajarnya.

Menikmati musik berarti paham akan dinamika hidup, keselarasan jiwa dan estetika.

Jangan lupa, Minggu 6 Januari pukul 15.00 siang dan 19.30 malam. Tiket di lokasi — berlaku untuk umum – eks YPM maupun para peminat lain masyarakat Indonesia.