browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Apa Kata Ahok Tentang Wiyogo Atmodarminto?

Posted by on October 20, 2012

Ahok masuk ke ruangan di jalan Banyumas Jakarta Pusat.  Ia datang untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Wiyogo Atmodarminto, mantan Gubernur DKI periode 1987-1992 yang wafat Jumat malam 19 Oktober 2012 kemarin.   Setelah duduk di  lantai bersama yang lain, dia sempat melambaikan tangan ke arah saya.  Saya duduk bersama Oerip Slamet Imam Santoso Ia adalah seorang dosen di ITB tapi sekaligus pianis handal.  Oerip  anak profesor Slamet Imam Santoso almarhum yang menjadi  besan  Wiyogo.  Di samping kiri saya ada Halida Hatta. Di depan saya Ratu Hemas istri Sultan duduk tenang-tenang.  Ruangan hening dan suasana sedih merebak ke segala sudut.

Ahok masih sama. Ia ramah, spontan, dan tidak sok.  Saat jenazah Wiyogo dibawa ke mesjid Taman Sunda Kelapa tak jauh dari rumahnya,   saya berjalan masuk ke dalam mesjid bersama Ahok.  Saya tanya, “Tolong kesanmu ceritakan sedikit tentang pak Wiyogo.”  “Iya mbak Linda, saya dari dulu setuju sekali dengan mottonya ketika dia jadi Gubernur , BMW , Bersih Manusiawi, Wibawa.  Kami akan tetap meneruskan cara itu. Manusiawi sangat penting. Rakyat dikedepankan. Wibawa bisa terjadi dari kinerja yang baik dan bertanggungjawab.  Saya melihat pak Wiyogo  sebagai gubernur yang tegas, konsekwen dan konsisten pada peraturan. Itu yang akan kami contoh.   Oya mbak,  saya menikmati bis Patas AC  pada zaman beliau lho!  Saya kan masih kuliah ambil S2, ke mana-mana naik bis. Berjasa sekali pak Wiyogo saat itu.  Saya nikmati Patas AC  sehari-hari dengan enak sekali… hahahahaa…!”

Lalu Ahok naik tangga mesjid. Sudah ada Jokowi di sana.  Bendera merah putih yang menutupi peti mayat pelan-pelan bergerak disapa angin melalui pohon-pohon di sekitar mesjid.  Di balik bendera ada Wiyogo Atmodarminto…… yang banyak disayang orang. Ahok pun mana pernah bermimpi, dia akan melayat mantan Gubernur yang dulu dikaguminya…, setelah ia sendiri menjadi wakil Gubernur DKI  Jakarta…..

Bagikan Posting ini di:

2 Responses to Apa Kata Ahok Tentang Wiyogo Atmodarminto?

  1. Rinem

    tulisan yang sangat luar biasa salam kenal…… saya rinem sedang belajar ngeblog tulisan ibu ilnda sangat inspiratip sekali

  2. evita cephas cariadhy

    Saya bahagia memiliki Gubernur,Wakil Gubernur yg baru,Pak Jokowi n pak Basuki TP.kita harus optimis membangun Jakarta Baru.
    Selamat jalan pak Wiyogo Atmodarminto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>